Gerhana Matahari 26 Januari 2009

24 01 2009

Gerhana matahari akan terjadi di daerah Lautan Hindia pada hari Senin, 26 Januari 2009 (bertepatan dengan Tahun Baru Cina). Menurut pengamat gerhana dari NASA, Fred Espenak, jalur gerhana total akan dimulai dari daerah barat ke timur (Lautan Hindia dan Indonesia bagian barat menuju ke Mindanao, Filipina) pada pukul 06.06 GMT (13.06 WIB) hingga 09.52 GMT (16.52 WIB). Sementara itu, gerhana matahari parsial dapat dinikmati di beberapa daerah yang lebih luas, termasuk Afrika bagian selatan, Madagaskar, Australia, India Tenggara, Asia Tenggara, dan Indonesia.

gerhana-matahari1Gerhana matahari ini adalah gerhana annular, bukan gerhana total, karena bulan tidak benar-benar menutup permukaan matahari, seperti yang terjadi pada gerhana matahari total. Tapi tetap saja even langka ini patut ditunggu. Bagi yang berada tepat di bawah lintasan gerhana, akan dapat melihat matahari yang sebagian besar tertutup oleh bulan dan di sekelilingnya memancarkan cahaya. Sedangkan bagi yang berada di sekitar lintasan gerhana, matahari akan terlihat seperti sedang “digigit” sebagian.

Gerhana annular matahari terakhir terjadi pada 7 Februari 2007 dan setelah Senin esok, akan terjadi lagi pada tanggal 15 Januari 2010. Gerhana matahari total (total eclipse) akan terjadi pada 22 Juli 2009 yang dapat dilihat di India dan China.

Disarikan dari: Yahoo, January 24, 2009

Iklan




Obama Gadungan di Indonesia

20 01 2009

Ternyata Obama nggak cuman pernah tinggal di Indonesia. Dia aslinya memang orang Indonesia! Gak percaya? Liat ni fotonya hehehhe….

Obama Asli vs gadungan

Ayo tebak yang mana yang asli?

Obama punya kembaran di Indonesia. Namanya adalah Ilham Anas (34 tahun), seorang fotografer. Memang kalau dilihat dari beberapa sudut, mirip sekali sama Presiden Amerika Serikat yang baru itu (eh, sudah boleh dipanggil Presiden kan ya? Kan hari ini pelantikannya). Wajah emang boleh sama, tapi nasib jauh beda. Hmmm…. Pak Ilham bakalan jadi idola baru di Indonesia nih. Ayo, siapa yang mau foto bareng sama “Barack Obama” ? Hehehhe….

obama-indonesia

Sumber: Yahoo Article January 20, 2009





10 Pertanyaan Tabu Saat Interview Kerja

19 01 2009

Oleh: Liz Ryan, pakar Human Relation dan berpengalaman selama 25 tahun

Diterjemahkan dari artikel Yahoo ini by me

interview_1Bukan rahasia lagi kalau kita diharuskan siap dengan daftar pertanyaan yang akan kita tanyakan pada interviewer saat kita melakukan interview kerja. Ketika interviewer bertanya “Apa ada pertanyaan yang ingin Anda ajukan?” maka kita harus siap menjawab “Ya”. Tetapi ada beberapa pertanyaan yang justru TIDAK BOLEH Anda ajukan, kecuali jika Anda ingin kehilangan pekerjaan itu. Apa saja pertanyaannya? Berikut tips yang bisa Anda simak.

Baca entri selengkapnya »





Puas Internetan dengan IM2 Broom

18 01 2009

Well, setelah lama memilih-milih dari beberapa provider internet dan melalui banyak pertimbangan, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan layanan dari Indosat M2, pre-paid broadband internet 3.5 G (Broom). Beli paket bundling Rp. 1.500.000 sudah termasuk modem, nomor perdana dan voucher Rp. 100.000. Lumayan lah.

Ada 2 jenis layanan yang bisa dipilih, Classic atau Unlimited. Untuk yang Classic, kecepatan maksimum bisa mencapai 320 Kbps, tetapi kuota tiap bulan bervariasi tergantung dari nilai voucher yang kita masukkan. Nilai terendah voucher adalah 10.000 dan tertinggi adalah 150.000. Untuk yang Unlimited, kecepatan maksimum hanya 250 Kbps dengan kuota unlimited. Tiap bulan kita mengisi voucher 100.000 yang berlaku selama 30 hari. Walaupun unlimited, kecepatan 250 Kbps itu hanya bisa dinikmati hingga kuota 2 GB (dalam 1 bulan). Jika lebih dari itu, maka kecepatan akan turun ke 64 Kbps hingga kuota tak terbatas.  Saya pilih yang Unlimited, karena dengan hanya 100.000/bulan, kita bisa internetan sepuasnya. Untuk layanan Classic atau Unlimited sama2 punya masa tenggang 3 bulan.

Baca entri selengkapnya »





Google Chrome Offline Installer

16 01 2009

Hmm…. akhirnya setelah menunggu cukup lama dari versi beta-nya, akhirnya Google meluncurkan juga browser perdananya, yaitu Google Chrome versi 1.0.154.36. Lagi-lagi berbentuk online installer, kita harus punya koneksi internet untuk bisa install. Untung setelah “blusukan” sedikit di Google, akhirnya ketemu juga yang versi offline.  

Dari versi beta yang pernah saya install, versi 1.x ini cukup banyak perbaikan yang signifikan. Paling kentara adalah supportnya proxy di versi 1.x. Karena komputer di kantor pakai proxy untuk bisa koneksi internet, sewaktu saya coba versi beta, waduh, tampilannya hancur. Gambar cuman ke-load seperempatnya! Yah, namanya juga masih versi beta, jadi maklumlah. Untunglah di versi 1.x ini kekurangan itu sudah diperbaiki. Bahkan posting ini saya tulis dari browser Chrome. Bagi yang terbiasa dengan browser Mozilla atau Internet Explorer, tampilan Chrome yang bernuansa biru langit ini mungkin sedikit membingungkan. Toolbar yang minimalis, hanya ada 1 baris untuk tombol Back, Forward, Refresh, dan address bar. Untuk keperluan yang lain (save document, setting, dll) dikelompokkan dalam 2 tombol saja. Progress browsing secara umum juga tidak ada, hanya ada di masing-masing tab. Dan ini nih yang paling saya suka, loading-nya cepet banget! Masih banyak sebenarnya fitur yang mau saya coba, seperti kemampuan streaming video dan aplikasi flash yang lain. Katanya sih untuk streaming video dari YouTube, lebih cepat dari Mozilla.

Download Google Chrome here (Turbo Upload).  Unzip file dan jalankan batch filenya. Oya, sekalian tolong diisi ya polling tentang browser favorit Anda disini.





Populer di Jepang, di Indonesia Tak Direspons

13 01 2009

Beginilah nasib ilmuwan Indonesia. Karya mereka diakui di dunia internasional, tetapi di negeri sendiri malah hampir tidak dihiraukan. Pantas saja banyak orang Indonesia yang setelah menempuh ilmu di luar negeri enggan kembali lagi ke Indonesia, seperti yang terjadi pada salah satu mantan dosen saya. Tapi terlepas dari semua itu, saya merasa bangga karena ada segelintir orang Indonesia yang dapat menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi umat manusia dan diakui oleh dunia. Bunga-bunga melati inilah (saya sebut bunga melati, karena meskipun kecil, tetapi baunya harum) yang dapat “menawarkan racun negatif” dari image bangsa Indonesia yang buruk di dunia internasional.

Sumber: Riau Post 12 Januari 2009

Baca entri selengkapnya »





Warna-Bentuk Lipstik dan Kepribadian Kita

12 01 2009

Hei para perempuan di luar sana (LOL). Kalau ngaku perempuan, pasti pernah pakai lipstik dong! Nah, selama ini pernah merhatiin nggak bentuk lipstik kita? Tahu nggak, ternyata warna dan bentuk lipstik itu ada hubungannya lho dengan kepribadian kita.  Yah, artikel berikut emang just for fun, tapi boleh percaya boleh nggak deh. Jadi silahkan dibuktikan sendiri, segera ambil lipstik Anda dan amati bentuknya. Untuk warna, memang warna lipstik itu macamnya banyak. Tapi disini hanya akan dibahas 3 jenis warna utama aja, yaitu Merah, Pink, dan Beige. Rasanya 3 warna ini sudah cukup mewakili kok. Oya, sekedar info, warna lipstik saya dominan Beige dan bentuknya seperti no. 4 :D. So what’s yours?

Baca entri selengkapnya »