Mobile Gardening

10 12 2008

Belakangan ini gerah juga denger istilah mobile, apalagi di judul TA para mahasiswa. Dikit-dikit, mobile ini lah, mobile itu lah. Semua aplikasi mau dibuat mobile, sampe ada mahasiswa yang ngajuin proposal TA mobile absensi. Oh please, get real? Apa jadinya klo aplikasi ini jadi dibuat? Bisa dibayangkan, para pegawai/mahasiswa/siswa nggak perlu susah payah berangkat pagi untuk absen kantor/kuliah/sekolah. Cukup akses aplikasi dari HP di rumah, voila, tercatat deh namanya di daftar absensi hari ini. Padahal orangnya di rumah, ngelanjutin tidur. Bakalan jadi jenis bolos model baru, dong!  I’m strictly against it!!!!

Tapi, ini ada jenis mobile yang sangat disarankan untuk dilakukan, terutama di kota-kota besar yang mulai kekurangan lahan. Namanya mobile gardening. Nah, apa itu mobile gardening?

mobile gardening

Sebenernya ini istilah bikinan sendiri sih, setelah liat sebuah gambar unik di situs berita Jawapos hari ini. Di tengah isu krisis pemanasan global yang mainly disebabkan oleh pencemaran udara dan semakin berkurangnya lahan hijau, ada baiknya kita mulai meniru langkah yang telah dilakukan seorang warganegara Jepang, tepatnya di Okinawa. Mitsuji Chinen (aaah, jadi inget Chinen-nya Hey!Say!JUMP! LOL)  benar-benar menerapkan konsep green car, literally, dengan menanam sebidang rumput di atas atap mobilnya. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, yakni lapisan anti air (untuk menahan air), media tanam yang terbuat dari serabut kelapa, dan sebagai tanamannya adalah rumput. Tanaman Mitsuji tumbuh 10 cm dalam waktu 4 bulan. Dia mengaku kalau semenjak menanam rumput di atap mobilnya, kini ia tak perlu lagi lama-lama menyalakan pendingin mobil, udara di dalam mobil juga jadi lebih sejuk. Impiannya adalah bisa melihat rumput di setiap atap bus dan taksi yang ada di Jepang. Hehehe…..

Nah ini yang bener-bener berarti mobile gardening, alias konsep kebun yang mobile atau bergerak, literally. Sekarang mungkin baru rumput, lama-lama jenis tanamannya bisa dikembangkan jadi macam-macam bunga: mawar, melati, anggrek. Kan seru tuh, di atap mobil jadi penuh warna, wangi lagi. Asal nggak mulai nanam pohon duren aja, hahaha, bisa benjut tuh atap mobil.


Aksi

Information

2 responses

10 12 2008
sherlockh30

Ha..ha..ide absen online itu boleh juga buat org2 yg males absen kyk aku ha..ha..Mobile gardening pas banget buat org2 yg suka banget bercocok tanam. Klo aku errr…..kyknya enggak deh. Well ini bisa memberi bagi solusi org yg pingin liat tanaman favoritnya setiap saat dimana saja, tentu saja selama dia memakai mobil yg sama.

13 12 2008
akacchi

trimakasih,, sudah memberi komentar ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: