Cara Download Video dari Situs Video Streaming (YouTube, DailyMotion, Crunchyroll, Tudou, Aznv.tv, dll)

23 10 2008

Read the English version of this post in My LJ.

Akhir-akhir ini aku sering hunting streaming video dan awalnya bingung bagaimana caranya untuk download video tersebut supaya bisa dilihat secara offline, tanpa perlu koneksi internet. Mungkin sudah banyak blog/situs lain yang membahas tentang ini, tapi aku juga ingin sharing pengalamanku disini.

Banyak situs yang menyediakan layanan streaming video, mulai dari YouTube, YahooVideo, Google Video, Daily Motion, Crunchyroll, Tudou, Aznv.tv, Veoh, My Soju, dll. Nah, berikut beberapa tool yang bisa digunakan untuk mendownload video streaming.

1. Keepvid.com
Merupakan tool paling populer dan mudah penggunaannya, karena tidak perlu diinstal. Cukup paste link video ke field yang sudah ada, klik tombolnya. Tunggu beberapa saat, akan muncul link download langsungnya. Biasanya keepvid memberikan pilihan jenis video, bisa flv (low quality) atau mp4 (high quality). Langsung klik kanan dan pilih “save target as”. Kita juga bisa download pakai software download accelerator (kalau terinstal di komputer kita).

2. 12looklook.com
Mirip dengan keepvid, hanya saja kita bisa memilih di server mana link video kita berada, jadi sesuaikan dengan file yg mau kita download.

3. DownloadHelper (Add-on Mozilla)
Kita harus menggunakan browser Mozilla Firefox (v.1.5 ke atas) untuk dapat menggunakan fitur ini. Caranya:
1) Instal dulu browser Firefox v.1.5 ke atas dari Mozilla.
2) Instal add-on DownloadHelper untuk Mozilla dari sini.
3) Ikuti prosedur penginstalan add-on. Setelah selesai, browser harus direstart.
4) DownloadHelper memungkinkan kita langsung mendownload video yg sedang dimainkan. Jika tanda aktif, artinya kita bisa mendownload file video tersebut.
5) Klik kanan tanda tersebut, pilih nama filenya, dan langsung save as.

Catatan: tidak semua situs video online bisa didownload dengan tool ini.

4. RadioRipper
Ini dipakai untuk download streaming file winamp (.nsv) yang ada di aznv.tv. Cara kerjanya seperti tape recorder, merekam file streaming yang sedang dimainkan di winamp. Caranya:
1) Jalankan program RadioRipper.
2) Dari window browsermu, klik link video (dalam ekstensi .nsv) yang ingin didownload.
3) Kalau ada pilihan: open with winamp atau save as, pilih yang open with winamp. (Tentunya kita harus instal juga winampnya)
4) Winamp akan otomatis membuka dan memainkan video.
5) Klik Record di RadioRipper.
6) Tunggu saja sampai seluruh bagian video selesai distreaming (bisa butuh beberapa menit sampai beberapa jam, tergantung ukuran videonya).
5) Setelah selesai, cek hasil “rekaman” kita di jendela RadioRipper.
4) File rekaman (berekstensi .nsv) bisa langsung dimainkan secara offline di Winamp.

Yah, itu tadi beberapa tools yang bisa digunakan untuk mendownload video streaming. Sebenernya ada beberapa tool lain yang pernah dicoba, cuman ya yang paling memuaskan hasilnya hanya empat itu saja. Selamat mencoba!

About these ads

Aksi

Information

11 responses

15 11 2008
sherlockh30

Situs Youtube adalah situs video internasional yg paling banyak diakses di seluruh dunia, dimana hampir semua video dapat di download dr situs ini. Biasanya yg didowlnload adalah klip2 lagu jepang he..he..lumayan klip2 yg kadang susah nyarinya, adapun asli & mahal bisa kita dapatkan dari sini. Untuk downloadnya tinggal pake keepvid, gampang & nggak repot! Tinggal copy paste spt yg diuraikan di atas. So klo Anda baru ttg ini, ayo coba skr juga! For my wife, thank you for posting this article, your blog hits is boosting!

21 02 2009
joe matsuda

thanks… bro… aku gy ngebet nonton J-Drama soalne.. hee..hee..

22 02 2009
r3ngg4n1s

Sama2. Btw, uhm…it’s “sis” actually, ehehehe…

11 10 2009
my_gha

radioripper dan aznv.tv keren banget.cuma sayangnya kalo internet connectionnya gak bagus dan kepotong tengah jalan mesti ngulang dari awal lagi. trus kalo winampnya ke close eh pas kita buka lagi hasil rekamannya gak bisa diputer dari awal tapi langsung ke tengah2 film hiks…any advice gak supaya dua hal diatas itu gak terjadi.

12 10 2009
r3ngg4n1s

Yup, emang :( Karena ini ngrekam video via streaming, jadi koneksinya harus bagus dan nggak putus. Aku aja downloadnya di kantor :D supaya koneksi stabil.
Yah, namanya juga freeware, jadi kalau masih ada kekurangan, mohon dimaklumi. Lagian juga masih versi 1, kalau nggak salah. Masih banyak yang harus diperbaiki. Kalau mau yang lebih reliable, bisa nyoba software yang berbayar. Monggo bisa di-search di Google untuk lebih lengkapnya.
Trims udah visit dan kasih komen yaaa….

12 10 2009
my_gha

tapi thanks banget.help me so much.ada drama korea lumayan lama yang aku cari dimana2 gak ketemu dan baru ketemu di aznv.tv.kemarin aku akhirnya berhasil download.ya,kalo speed internet rumahan emang kalo mau download file2 gede harus luar biasa sabar.download ditengah malem ( jam 11 an keataslah) & di weekday bakal cukup ngebantu.efeknya ya ngantuk melulu di kantor hehehehe

17 10 2010
tina_nunci

numpang tanya…
aku pake keepvid wat downLoad video dari DaiLymotion tp seLaLu ga pernah bisa seLesai biar dah seharian ditungguin, pasti diakhir2 macet.
ada saran ga?

Makasih.. ;-)

10 11 2010
anof

mw tny dunk, cara nonton streaming di aznv gmn ya?? duluuu skali pernah bisa, tp skrg mw nyoba lg koq gagal y? apa harus instal software tertentu? atw skrg ada membership dgn biaya??
tengkyu y bwt infonya :)

17 11 2010
abu

bagus mbanget

28 11 2011
budi huwae

thanx coooooyyyy…..
udh bantu

1 02 2012
ayaelfishiangle

thanks ya buat infonya :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: